[Telat Posting] Semester 6

Alhamdulillah ya Allah, engkau berikan aku kekuatan untuk bisa melewati setengah tahun itu,, Sesungguhnya itu masa-masa yang berat, tapi dengan pertolongan-Mu, aku mampu menjalaninya,, Walau pun sarat suka-duka, tapi itu lah proses,, “what doesn’t kill you make you stronger. . . “

Semester terakhir sebelum menyandang predikat sebagai mahasiswa tingkat akhir, berakhir dengan ditandainya angkatan 50 yang mulai datang ke bogor berbondong-bondong,, Adik kelas udah 3 angkatan brooohh. . . . .!!! Dan berikut sedikit reviewnya :

 Akademik
Seringkali sukses atau tidaknya mahasiswa di semester tertentu dilihat dari pergerakan IPnya, jika menggunakan parameter tersebut maka aku termasuk orang yang gagal,. IP terendah selama kuliah,, Itu kabar buruknya,. Kemudian kabar baiknya, aku tinggal beberapa langkah lagi menuju Sarjana yang Cumlaude,.

Aku tidak ambil pusing masalah jebloknya IP, memang sih awalnya shock, gara-gara udah punya ekspektasi tinggi sebelum nilai pada keluar,. Tapi setelah dipikir-pikir, I deserved it,. Pantas nggak dapet A, lha wong dari 14 pertemuan cuma masuk 7 kali, di beberapa matakuliah,. Sebagus apapun nilai ujiannya, kalau ada faktor X yang bermain, terjadilah! Well, semacam karma, that’s all,.

Organisasi
Jujur saya tidak mau menyalahkan kegiatan organisasi sebagai penyebab jeblok nilai, karena dari awal memang sudah take deal bahwa harus terima apapun konsekuensinya,. Dan setelah beberapa bulan mengemban amanah di organisasi, actually not bad, but I’m still in learning process,. Sebuah anugerah dan kesempatan yang luar biasa, bisa memainkan peran ini, sungguh sensasinya beda,. Banyak agenda sih wajar ya, yang super itu bagaimana menata pikiran, menata hati, dan mengelola puluhan orang,. Dan dengan karakter saya yang melankolis-sanguinis, boleh dikatakan itu bukan modal yang bagus untuk memimpin,.

Dan jujur, saya mulai mengerti arti dari “mencari jati diri”, dari pengalaman memimpin lah saya bisa tahu dengan jelas bagaimanakah sebenarnya seorang Achor itu,. Ketika kamu berinteraksi dengan banyak orang dalam beberapa hal serius, di situlah akan timbul perang batin yang panjang,. Kenapa? Kenapa? Oh ternyata? Bagaimana jika? Itu sejumput kalimat tanya yang berkecamuk di batin maupun di otak,. Dan pertanyaan-pertanyaan itu sedikit demi sedikit akan menggambarkan jati diri kalian,.

Overall,not bad untuk sebuah gebrakan baru, tapi semua itu tidak bisa instan, masih banyak cacat di sana-sini, tapi harus jelas apa yang perlu diperbaiki, karena sukses tidaknya organisasi tidak bisa dinilai dari satu kepengurusan saja, namun terus bersinambung dengan sebelumnya ataupun sesudahnya,. Dan kepemimpinan yang balik adalah yang bisa meninggalkan manfaat dan kemudahan di periode selanjutnya,. Semoga aku bisa mewujudkan itu, aaminnn,.

Berinteraksi dengan banyak orang dengan karakternya masing-masing sungguh merupakan pengalaman yang luar biasa, semoga itu bisa berguna di “dunia nyata” esok,.

Closing
Tak ada yang perlu disesali di semester yang lalu,. Semester 7 sudah datang, dan saya akan terus melakukan hal-hal yang cuma bisa dilakukan ketika mumpung masih jadi mahasiswa,. Keep walking, keep learning, keep developing,. Maju terus, demi mencapai jati diri!!!

No comments:

Powered by Blogger.