[Telat Posting] Renungan 17 Agustus

Kuperhatikan sang merah putih, naik senti demi senti, disaksikan jutaan orang di Indonesia,. Saat itu aku sedang mengepel lantai rumah kakakku yang aku singgahi selama aku Praktik Lapang,. Kuhentikan sejenak aktivitasku, demi melihat momen sakral itu walaupun cuma lewat layar kaca,. 17 Agustus adalah titik balik nasionalisme bangsa ini,. Keterlaluan sekali WNI yang tetap saja mencaci negaranya sendiri di hari itu,.


Hiduplah tanahku
Hiduplah negeriku
Bangsaku Rakyatku Semuanya

Bangunlah Jiwanya

Bangunlah Badannya
Untuk Indonesia Raya. . . .


Saat lagu kebangsaan itu sampai pada penggalan lirik ini, hati saya serasa bergetar. . . .
Belakangan ini banyak kabar buruk menimpa bangsa ini, nyaris mati negeri ini, runtuh jiwa ini, runtuh badan ini,. Tapi di lirik itu, menyiratkan tak mengenal putus asa,. Rasa-rasanya, aku bertanggung jawab atas bangunnya negeri ini, hidupnya negeri ini,. Dan bukan cuma aku, tapi kita semua,. Mari jadikan ini bahan renungan,.


Hiduplah tanahku
Hiduplah negeriku
Bangsaku Rakyatku Semuanya

Bangunlah Jiwanya
Bangunlah Badannya
Untuk Indonesia Raya. . . .

No comments:

Powered by Blogger.